Total Tayangan Halaman

Rabu, 01 Februari 2012

MENGAPRESIASI BATIK DAN BELAJAR MEMBATIK




Apresiasi seni merupakan suatu kegiatan yang mampu menunjang peserta didik untuk lebih mengetahui tentang ragam budaya dan seni yang ada di Indonesia khususnya Jawa Tengah. Dalam rangka memperkenalkan macam-macam batik yang ada di wilayah Pekalongan dan sekitar, SMK Muhammadiyah Karanganyar Kabupaten Pekalongan telah mengadakan kegiatan observasi dan apresiasi ke museum batik yang berada di wilayah Pekalongan. Dalam kegiatan ini peserta didik akan diperlihatkan beberapa produk batik Pekalongan dan  daerah sekitarnya.
Batik merupakan salah satu aset atau produk seni dari Indonesia yang banyak di sukai oleh para pecinta batik. Batik juga dapat di gunakan sebagai ciri khas daerah tertentu. Motif dan warna yang ada dalam batik memiliki kekhasan  tersendiri yang dapat membedakan batik yang berasal dari daerah yang satu dengan daerah yang lain. Sudah sepantasnya jika batik menjadi kebanggaan kita bersama dan harus kita lestarikan serta tidak malu untuk memakai pakaian motif batik. 
Seiring dengan perkembangan jaman, batik yang awal mulanya sangat terkenal dan sangat beragam motif serta corak, nampaknya banyak siswa siswi yang tidak mengetahui keberagaman batik tersebut. Sehingga dalam kegiatan ini harapannya siswa akan lebih mengenal dan menghargai dengan produk seni budaya Indonesia.    



 Tujuan
·         Menunjang kegiatan belajar mangajar di sekolah
·         Menumbuhkan rasa cinta produk budaya nusantara
·         Siswa dapat menghargai ragam batik nusantara
·         Siswa mampu mengetahui ragam batik nusantara
·         Siswa dapat mengetahui cara membatik
·         Siswa dapat menyebutkan corak batik nusantara
·         Siswa dapat membedakan batik yang berasal dari suatu daerah
Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh siswa kelas XI semua jurusan. kegiatan apresiasi dan belajar membatik ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, yakni hari Senin, 16 Januari 2012 sampai dengan hari Rabu, 18 Januari 2012. setiap harinya kegiatan dilakukan oleh satu kelas yakni mulai dari kelas XI TKJ, XI Farmasi 1, dan XI Farmasi 2.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews